7 Manfaat Mengejutkan dari Cabai Jalapeno


Sering dipakai dalam resep hidangan luar negeri, nyatanya cabai jalapeno punya banyak manfaat untuk kesehatan

Sebagian besar masakan Indonesia identik dengan rasa pedas. Bicara makanan pedas kurang afdol rasanya kalau tidak menyebut sambal cabai hijau dari tanah Minang. Rasanya yang kaya rempah dengan tambahan ikan teri membuat sambal ini jadi hidangan yang dirindukan para perantau.
Sudah terlalu rindu dengan sambal cabai hijau yang otentik? Sudah saatnya kamu berburu tiket murah untuk terbang ke Padang sekarang. Mau coba sambal cabai hijau dengan gaya fussion? Tidak ada salahnya pakai cabai jalapeno yang banyak dipakai di luar negeri. Nyatanya, cabai jalapeno punya banyak manfaat bagi kesehatan.

1. Tinggi nutrisi

Cabai jalapeno ternyata tinggi vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Asiknya lagi, cabai ini terhitung rendah kalori sehingga cocok untuk menu dietmu. Satu cabai jalapeno mentah mengandung vitamin C, A, K, B6, folat, dan mangan yang dibutuhkan tubuh.

2. Bisa menurunkan berat badan

Boleh percaya boleh tidak, nyatanya sudah banyak penelitian yang membuktikan cabai jalapeno bisa menurunkan berat badan. Zat capsaicin dalam cabai jalapeno dinilai mampu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4-5% per hari. Lemak di perutmu juga bisa menyusut karena capsaicin membuat orang mengurangi jumlah makanan hingga 75 kalori.

3. Melawan sel kanker

Tidak hanya mampu menurunkan berat badan dan kadar lemak dalam tubuhmu, zat capsaicin dalam cabai jalapeno juga bisa memerangi sel kanker. Lebih dari 40 sel kanker dapat dimusnahkan tanpa 'menyentuh' sel normal yang ada dalam tubuh. Tidak cuma itu, capsaicin juga mampu memperlambat tumbuhnya formasi saluran baru yang mengalirkan darah di sekitar area sel kanker.

4. Meredakan nyeri

Pernah pakai koyo cabe saat tubuh terasa sakit? Nah, rasa pedas serupa dari cabai jalapeno juga bisa dipakai untuk meredakan nyeri di tubuhmu. Sebagai pemakaian luar, zat capsaicin dari cabai jalapeno bisa mengobati rasa nyeri akibat virus shingles (penyakit kulit), nyeri saraf karena diabetes, sakit otot akibat pekerjaan berat, hingga rematik. Punya migrain yang tidak kunjung sembuh tapi sedang menghindari konsumsi obat yang berlebihan? Cabai jalapeno solusinya.

5. Mengobati luka lambung

Harus diakui, beraktivitas di kota besar kadang membuat gaya hidup menjadi berubah tidak sehat. Kebiasaan mengonsumsi alkohol, merokok, atau stres dapat mengakibatkan nyeri tukak lambung. Penyakit ini timbul karena adanya luka di dinding lambung yang kalau tidak segera diobati secara tuntas bisa mengakibatkan kanker lambung. Uniknya, cabai jalapeno justru dapat melindungi lambung dari luka. Zat capsaicin dapat mengurangi peradangan di dalam perut sehingga tukak lambung dapat terobati secara berkala.

6. Membantu memerangi infeksi

Pernah keracunan makanan yang disebabkan bakteri? Nyatanya, ekstrak cabai terbukti kuat melawan dan memperlambat pertumbuhan bakteri di dalam perut. Tidak hanya itu, infeksi yang mengakibatkan gusi berdarah atau sakit tenggorokan juga dapat diatasi dengan ekstrak cabai. Jadi, jangan ragu untuk makan pedas saat sariawan, ya.

7. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penyakit yang menjadi efek samping saat jantung tidak sehat adalah diabetes, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Zat capsaicin yang terkandung di dalam cabai dapat membantu mengurangi faktor tersebut. Rasa pedas dari cabai jalapeno juga dapat membuat denyut jantung lebih rileks sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil.

Jadi, apakah kamu masih ragu untuk makan masakan pedas? Kalau tidak terlalu suka, pakai cabainya sedikit saja ya!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Mengejutkan dari Cabai Jalapeno"

Post a Comment