Fakta Unik Indonesia dari Aspek Geografis


Indonesia dikenal sebagai negara kepulauandengan lebih dari 17.000 pulau yang tersebar di wilayahnya. Hal ini membuktikan besarnya potensi wilayah tanah air, baik dari sumber daya alamnya maupun budaya di dalamnya. Dari aspek geografis ini, Indonesia menjadi Negara Archipelago terbesar di dunia. 

Sebagai negara tropis,Indonesia memiliki peranan penting dalam keberlangsungan iklim dunia. Karena lebih dari seperempat ketersediaan oksigen berasal dari Indonesia. Beberapa tempat menjadi unik karena memiliki keunggulan dibandingkan tempat sejenis lainnya di Indonesia. Berikut merupakan kawasan yang memiliki fakta unik dari aspek geografis di Indonesia. 


Tempat Unik Geografis Indonesia


1.     Puncak Jayawijaya, Tanah Tertinggi di Indonesia
Fakta unik pertama yang ada di Indonesia yakni tanah (puncak) tertinggi berada di Pulau Papua. Wilayah paling timur di negara berpenduduk lebih dari 200 juta ini mempunyai pegunungan terbesar dan tertinggi, yang dinamakan Puncak Jayawijaya. Secara Administratif, lokasi berada di Dugunduguo (Range Sudirman), Provinsi Papua Barat yang berbatasan dengan negara Papua Nugini. 

Awal mulanya, Gunung Jayawijaya pertama kali ditemukan oleh ahli geologi asal Belanda, Jan Carstensz. Banyak orang tak mempercayai temuan Carstensz waktu itu. Namun setelah tiga abad, barulah benar temuan tersebut dengan ekspedisi pertama. Sehingga Puncak Jaya juga dinamakan Gunung Carstensz Pyramid, puncak tertinggi ke-4 di dunia. 

Selain jadi puncak tertinggi, keunikan yang dimiliki pegunungan dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut ini adalah satu-satunya tempat di Indonesia yang diselimuti salju es. Menjadi unik mengingat Indonesia merupakan negara tropis, sehingga secara teori tidak mungkin ada hujan atau salju es di Indonesia. Gunung tipe AlpineGlacation ini juga memiliki sungai es. 

2 . Berada Diantara Dua Benua dan Samudera
Fakta unik lain dari aspek geografis wilayah Indonesia adalah terletak diantara dua benua, Asia dan Australia, serta Samudera Hindia dan Pasifik. Wilayah yang sangat strategis inilah menjadi alasan banyak Bangsa Eropa waktu itu berebut kekuasaan di Indonesia. Jalur perdagangan yang vital juga menjadi keuntungan dari letak geografis ini. 

Keuntungan selain menjadi jalur emas perdagangan, wilayah nusantara ini juga menjadi jalur silang pertukaran berbagai budaya di dunia. Sehingga tidak salah jika budaya Indonesia merupakan yang terlengkap dibanding negara lain. Namun, efek diapit nya dua Samudera besar dunia ini membawa dampak teritori Indonesia rawan bencana seperti Tsunami dan gempa bumi. 

3.     Pulau Terpadat Indonesia Bukan Jawa
Selama ini, masyarakat lebih mengenal Pulau Jawa (yang juga pusat pemerintahan dan ekonomi) sebagai wilayah dengan daratan dan penduduk terpadat di Indonesia. Namun ternyata fakta unik tersebut kurang tepat. Nyatanya, Pulau Bungin menjadi pulau terpadat di Indonesia. 

Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki luas kurang lebih 8 hektar ini dihuni oleh 4.000 penduduk. Tak ada lahan kosong di tempat ini. Jika seorang penduduk asliingin membangun rumah kembali, cara yang dilakukan adalah menambah daratan dengan menimbun baru ke permukaan air laut (reklamasi). 

4.     Danau Kelimutu, Punya Tiga Warna
Fakta unik terakhir yang ada di Indonesia masih berada di Kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya di Pulau Flores. Danau Kelimutu menjadi daya tarik wisatawan asing maupun lokal untuk melihat fenomena alam langka. Danau yang terdapat di puncak gunung dapat berganti-ganti warna. 

Dilansir dari Badan Geologi, sejak tahun 1900 hingga 2000, tercatat danau ini sudah berganti warna sampai 40 kali. Hal ini disebabkan adanya perubahan pada gas yang ada di dalam gunung. Danau Kelimutu jadi satu-satunya danau di dunia yang memiliki keunikan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Unik Indonesia dari Aspek Geografis"

Post a Comment