Takaran Susu Formula yang Tepat untuk Bayi di Bawah 1 Tahun





Makanan terbaik bayi di bawah 1 tahun yaitu ASI. Namun, beberapa masalah menyusui menyebabkan ibu tak bisa memproduksi ASI dengan sempurna. Hal ini membuat si kecil diberikan susu formula. Susu atau yang biasa disebut susu formula ini tidak asal diberikan. Ada takaran khusus, terutama untuk bayi di bawah 1 tahun.

Berat Badan Bayi Berpengaruh pada Jumlah Asupan

Takaran atau dosis susu formula untuk setiap bayi berbeda-beda. Menurut beberapa penelitian medis, jumlah takaran ini menyesuaikan berat badan si kecil. Cara ini juga berlaku saat dokter memberikan dosis obat kepada bayi. Semakin berat tubuh bayi, semakin banyak asupan makanan yang diperlukan. Itu sebabnya, takaran susu formulanya pun akan lebih besar.

Ibu bisa memperkirakan sendiri, kok, takaran susu formula yang diperlukan bayi. Caranya dengan menghitung seperti berikut ini; berat bayi (dalam ukuran kilogram) x 2,2 x 2 x 30 ml. Misalnya, berat bayi ibu 3 kg x 2,2 x 2 x 30 ml. Berarti si kecil membutuhkan 396-400 ml susu formula dalam satu hari.

Setelah mengetahui perkiraan takaran jumlah susu formula yang diminum bayi, Anda bisa membagi jumlah tersebut dalam beberapa kali minum. Misalnya, si kecil biasa minum 5-6 kali selama sehari. Berarti setidaknya, bayi membutuhkan 70-75 ml susu formula untuk sekali minum.

Takaran Susu Formula Juga Dipengaruhi Usia Bayi

Usia bayi juga menjadi pertimbangan untuk menentukan takaran susu yang tepat. Kondisi ini mengikuti perkembangan lambung si kecil. Bayi baru lahir misalnya memerlukan sekitar 30 ml susu formula dalam satu hari.Anda jangan berpikir takaran tersebut sedikit. Ingat, ukuran lambung si kecil masih sebesar bola pingpong ketika baru lahir.

Takaran ini akan semakin banyak saat bayi bertambah usia. Saat si kecil berusia 1-2 bulan, umumnya membutuhkan 30-60 ml susu formula dalam sekali minum. Sedangkan bayi berusia 3-6 bulan membutuhkan 45-90 ml. Bahkan, beberapa bayi sudah membutuhkan 120-180 ml susu formula dalam sekali minum. Anda tak perlu khawatir karena harga susu murah di online.

Perhatikan Nafsu dan Kebiasaan Minum Bayi

Sebaiknya Anda tidak memberikan bayi lebih dari 960 ml susu formula dalam sehari. Kandungan gula yang terdapat dalam susu formula dapat menyebabkan obesitas dan gangguan kesehatan lainnya jika berlebihan. Meski sudah mengetahui perkiraan takaran susu formula berdasarkan berat badan dan usia bayi, Anda juga harus memperhatikan nafsu makannya.

Ikuti keinginan si kecil ketika akan menyusu. Pasti bayi akan meminta susu bila merasa lapar. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia bayi, pelan-pelan Anda dapat membuat jadwal khusus memberi susu formula. Tentunya, jadwal ini disesuaikan dengan kebiasaan menyusu dan kebutuhan nutrisi bayi.

Sebaiknya berikan takaran susu formula yang tepat untuk bayi. Jika perlu konsultasi ke dokter, terutama jika bayi alergi. Anda juga bisa membeli susu murah di orami.co.id. Belanja susu bayi akan lebih hemat tiap pembelian tertentu bisa gratis ongkos kirim. Selain praktis, Anda bisa lebih hemat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Takaran Susu Formula yang Tepat untuk Bayi di Bawah 1 Tahun"

Post a Comment