Soft Skills Untuk Mendukung Kemajuan Perusahaan

 


Karyawan dengan pengetahuan dan pengalaman teknis memang dapat diandalkan. Tetapi, ternyata kedua hal itu tidak cukup. Selain kemampuan tersebut, karyawan yang baik juga sebaiknya memiliki soft skill. Sayangnya, tidak mudah mendeteksi apakah seseorang memiliki soft skill atau tidak pada saat proses perekrutan. Itulah sebabnya, banyak perusahaan yang mulai menggunakan Softskills assessment.

 Soft skill bisa berkaitan dengan ide inovatif dalam menghadapi situasi sulit, kemudahan berkomunikasi dalam menyelesaikan perbedaan dalam tim, dan lainnya. Seorang pemimpin yang memiliki soft skill dapat memotivasi anggota timnya untuk bekerja lebih inovatif dalam menyelesaikan tugas tersulit. Sementara seorang staf yang memiliki kemampuann ini juga bisa memberi pengaruh positif terhadap perkembangan timnya.

Untuk mengetahui soft skill kandidat, bisa melalui proses interview. Saat proses ini HRD akan menilai karakter dari kandidat tersebut melalui respon dan juga saat berbicara serta menjawab pertanyaan. Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak mudah melakukan analisa hal ini apalagi jika kandidat sudah tahu bagaimana celah membentuk karakternya terlihat seperti apa. Meskipun begitu, HRD yang profesional umumnya tetap bisa membaca karakter sebenarnya seseorang meskipun orang tersebut berusaha menutupinya. Misalnya melalui konsistensi sikap selama proses wawancara berlangsung.

 Pentingnya Soft Skill Bagi Perusahaan dan Karyawan

 Memiliki karyawan dengan soft skill tentunya tidak hanya menguntungkan perusahaan saja, tetapi juga karyawan itu sendiri. Sebab dengan memiliki soft skill maka mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan promosi.  Sementara untuk perusahaan tentunya dapat mendukung kemajuannya. Alasannya karena dengan terciptanya lingkungan kerja yang baik, nyaman, dan positif, akan membuat karyawan bekerja lebih produktif. Itulah sebabnya, merekrut orang yang tepat untuk jabatan yang pas serta memiliki soft skill yang baik  adalah kunci produktivitas perusahaan. Khususnya untuk seorang pemimpin yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja seluruh anggota timnya.

 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " Soft Skills Untuk Mendukung Kemajuan Perusahaan "

  1. Both are probably the most complete certifications in the fitness trade. comforter vacuum storage bags They settled down as if testing one another, tossing questions and solutions back and forth faster and faster. Slowly, all the short questions started shifting towards the herbs and roots one knew that the other did not, digging for data. REcreate is a reverse-engineering software that completely combines powerful capabilities with an optimal person experience. Discover a faster, extra integrated, sustainable strategy to the design, growth and production of electrical vehicles.

    ReplyDelete