Ternyata Begini Sistem Kerja Pada AC Central

 

Setiap jenis AC pastinya memiliki cara kerja yang berbeda. AC split untuk rumah tentu memiliki sistem kinerja yang berbeda dengan AC Central gedung. AC central gedung merupakan sistem pendingin udara yang berpusat pada satu tempat lalu didistribusikan ke seluruh ruangan yang terhubung. Jadi, berbeda dengan AC pada umumnya, pada AC sentral udara berpusat di satu sumber sebelum disebarkan ke ruangan-ruangan lain.

Komponen dari AC Central terdiri atas kondensor, kompresor, evaporator, dan alat ekspansi. Biasanya tipe kondensor pada mesin pendingin ini adalah kondensor pendingin air (water-cooled condensor). Air untuk mendinginkan komponen kondensor dialirkan melalui sebuah pipa yang selanjutnya output mesin didinginkan kembali dengan evaporative cooling di cooling tower.

Sistem Kerja AC Central

Prinsip kerja AC Central ini secara sederhana adalah dengan menyedot udara pada ruangan pendingin lalu dicampur dengan fresh air atau udara segar yang ada di lingkungan dengan komposisi yang dapat diubah-ubah berdasarkan keinginan pengguna. Perubahan ini nantinya dapat mengubah suhu ruangan yang dipasangi AC Central.

Campuran udara tersebut akan masuk ke AHU melewati filter, koil pendingin, dan fan sentrifugal. Selanjutnya, udara akan didistribusikan dengan merata di setiap sudut ruangan melalui ducting (saluran udara) yang dirancang sesuai dengan ruangan yang ingin didinginkan. Dengan demikian, lokasi pendinginan ini dapat mendapatkan udara sejuk dan nyaman secara merata.

Beberapa kelemahan yang dimiliki oleh sistem AC Central ini adalah apabila satu komponen mengalami sebuah kerusakan serta sistem AC Central tidak bisa hidup, maka seluruh ruangan nantinya tidak dapat merasakan udara yang sejuk. Selain itu, apabila temperatur udara terlalu dingin atau rendah maka pengaturannya harus dengan Thermosthat pada koil pendingin yang ada di komponen AHU.

Dari sejumlah penjelasan di atas dapat diketahui bahwa sistem kerja dari AC Central tidak sama dengan sistem kerja AC Split baik itu dari segi instalasi maupun segi fungsi. Istilah sistem kerja AC Central ini ditujukan untuk instalasi AC pada suatu gedung yang tidak mempunyai pengatur suhu masing-masing  misalnya per ruang.

Semua dikontrol melalui satu titik lalu hawa dinginnya disebarkan melalui pipa ke seluruh ruangan. Menggunakan AC Central ini dapat dilakukan hanya dengan membesarkan atau mengecilkan lubang yang menjadi tempat hawa dingin dari AC hingga masuk ke ruangan.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ternyata Begini Sistem Kerja Pada AC Central"

Post a Comment